Rabu, 28 Sep 2022
  • Selamat Datang di Halaman Website SMAN 57 Jakarta

Kali Linux, Sistem Operasi Mengerikan yang Sering Digunakan Hacker

Kali Linux merupakan salah satu Sistem Operasi yang dikhususkan untuk penanganan keamanan siber.

Kali Linux merupakan salah satu Sistem Operasi yang dikhususkan untuk penanganan keamanan siber. | wallpaperflare.com

jakarta57. – Kali Linux merupakan salah satu Sistem Operasi yang cukup terkenal di kalangan pengguna Linux. Sistem Operasi (OS) ini sering dikatakan sebagai OS nya para ‘hacker’ karena menyediakan tool dan fitur untuk melakukan serangan siber.

Meskipun begitu, sejatinya Distro ini bukan OS yang berbahaya tergantung dari tujuan penggunaannya. Selain itu, Kali Linux bukanlah Sistem Operasi yang ramah bagi pemula. Untuk mengoperasikan dan memaksimalkan fitur yang ada di dalamnya, diperlukan keterampilan khusus.
Advertisement

Jika kamu ingin mempelajari Sistem Operasi ini, alangkah baiknya terlebih dahulu menyimak artikel ini. Kamu bisa mengetahui lebih dalam tentang Kali Linux beserta fitur-fitur yang tersedia.

Kali Linux dan Sejarahnya

photo

Kali Linux kurang cocok digunakan untuk pemula. – (Wikipedia)

Kali Linux merupakan salah satu Distro Linux yang cukup dikenal oleh kalangan pecinta Sistem Operasi Open Source ini. Kali Linux terkenal karena fungsi dan tujuannya yang dikhususkan untuk menangani masalah keamanan siber.
Advertisement

Banyak pemula yang mencoba OS ini agar terlihat keren seperti hacker, namun pada akhirnya tidak dapat memaksimalkan yang ada di dalamnya.

Sistem Operasi ini memang kurang cocok untuk digunakan para pemula yang belum terlalu mengenal tentang Linux atau Cyber Security.

Selain itu, akibat populernya OS ini, sejumlah orang menggunakannya untuk tujuan kejahatan seperti tindakan Hacking dan lainnya yang bisa berujung kasus kriminal.

Dilansir dari kali.org, Kali Linux adalah Distro Linux yang bersifat Open Source (gratis dan bebas dikembangkan, red) dan berbasis Debian.

OS ini ditujukan untuk berbagai tugas keamanan informasi seperti Penetration Testing, Security Research, Computer Forensics dan Reverse Engineering.

Pada tahun 2013, BackTrack kemudian berubah nama menjadi Kali Linux, yang secara arsitektur masih berbasis Ubuntu atau Debian. 

Fitur-Fitur Kali Linux

photoKali Linux dilengkapi ratusan tools untuk penetration testing. – (Kali.org)

1. Mempunyai 600 Tools untuk Penetration Testing

Kali Linux ditujukan untuk tugas keamanan informasi, salah satu tugas tersebut adalah Penetration Testing. Penetration Testing atau biasa disingkat Pen Testing merupakan simulasi pengujian serangan siber yang diluncurkan pada suatu komputer. Tujuan dari Penetration Testing ini adalah untuk mengetahui atau menemukan celah keamanan pada suatu sistem.

Di dalam Kali Linux, tersedia 600 Tools Penetration Testing yang siap diinstal. Namun, beberapa Tools Penetration Testing yang sebelumnya digunakan di BackTrack, dihapuskan karena dianggap usang, tetapi ada juga yang diduplikasi dan diupgrade. Beberapa contoh Tools Penetration Testing pada Kali Linux yakni Crunch, Aircrack-ng, Wireshark dan Nmap.

2. Forensics Mode

Computer Forensics merupakan kegiatan penggalian data yang dapat digunakan sebagai bukti untuk kasus pidana. Computer Forensics ini mirip dengan proses otopsi dan visum pada manusia.

Kali Linux memiliki fitur Forensics Mode yang bertujuan untuk menggali sebuah data tanpa harus mengubah data tersebut. Forensics Mode pada Kali Linux dapat diaktifkan dari menu boot, sehingga data yang digali tidak mengalami perubahan.

3. Live USB Boot

Sama seperti Distro Linux lainnya, Kali Linux mendukung fitur Live USB Boot. Dengan fitur ini, kamu dapat menggunakan Kali Linux melalui Flashdisk tanpa harus menginstal atau mengganti Sistem Operasi utama komputer.

Dilansir dari javatpoint.com, Fitur Live USB Boot pada Kali Linux ideal digunakan untuk kegiatan Computer Forensics.

4. Kali Everywhere

Dilansir dari kali.org, Kali Linux memiliki fitur bernama Kali Everywhere. Fitur ini dapat digunakan pada OS selain Linux seperti Windows dengan Win-KeX atau menggunakan Virtual Machine Selain itu, Kali Linux dapat juga digunakan pada ponsel Android melalui Kali Net Hunter.

5. Full Disk Encryption

Kali Linux memiliki fitur bernama Full Disk Encryption. Fitur ini bertujuan untuk mengamankan data pada komputer dengan melakukan enkripsi.

Fitur ini sangat cocok digunakan ketika kamu ingin melakukan Penetration Testing, sehingga data yang ada di dalam komputer tidak mengalami gangguan.

Kelebihan dan Kekurangan Kali Linux

Kali Linux merupakan Sistem Operasi yang dapat digunakan secara gratis. – (Kali.org)

Kelebihan

  • Menawarkan keamanan dan stabilitas tingkat tinggi. Karena Kali Linux merupakan Distro Linux untuk keamanan, Distro Linux ini menawarkan keamanan tingkat tinggi
  • Menawarkan Distro Linux yang baik untuk ahli IT. Distro Linux ini ditujukan untuk para ahli IT yang ingin berkecimpung di dunia Cyber Security. Terlebih, fitur dan tools yang ada di dalam OS ini sangat mempermudah pekerjaan para ahli IT
  • Kali Linux mampu melakukan berbagai tugas. Selain digunakan untuk menangani keamanan informasi, Kali Linux juga dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti membuat dokumen dan mengolah data
  • Memiliki 600 Tool untuk Penetration Testing
  • Kali Linux mendukung banyak bahasa
  • Kali Linux bersifat Open Source dan dapat diunduh secara gratis

Kekurangan

Sempat dibahasa di awal jika Kali Linux ini memang dikhususkan untuk ahli IT. Sebelum menggunakan Kali Linux, sebaiknya pelajari dulu berbagai perintah dasar Linux serta membiasakan diri dengan cara mencoba beberapa Distro Linux lainnya yang lebih mudah digunakan.

Beberapa perangkat lunak pada Kali Linux mungkin tidak cocok untuk komputer tertentu. Tools yang ada pada Kali Linux merupakan tools tingkat tinggi yang memerlukan hardware dengan spesifikasi tingkat tinggi.

Kesimpulan

Kali Linux merupakan Distro dari Sistem Operasi Linux yang ditujukan untuk memantau keamanan jaringan dan juga Ethical Hacking.

Jika digunakan untuk hal positif, Kali Linux dapat membantu menangani masalah keamanan pada suatu sistem. Sedangkan, jika digunakan untuk hal negatif, Kali Linux dapat juga menjadi alat untuk melakukan tindak kriminal.

.

SMAN 57 Jakarta

Tulisan Lainnya

Arthropoda
Oleh : Admin SMAN 57

Arthropoda

Kelajuan dan Kecepatan
Oleh : Admin SMAN 57

Kelajuan dan Kecepatan

Kingdom Animalia
Oleh : Admin SMAN 57

Kingdom Animalia

Musik Kontemporer
Oleh : Admin SMAN 57

Musik Kontemporer

0 Komentar

KELUAR